PUBLIC SPEAKING : POWERFUL OPENING - Rumah Belajar

Sunday, November 12, 2017

PUBLIC SPEAKING : POWERFUL OPENING


Saat presentasi, audience melihat, mendengarkan kemudian memberikan penilaian kepada anda. Image anda mulai terbentuk dari awal. Oleh karena itu, awal yang baik sangat mempengaruhi kesuksesan berpresentasi. Kalimat pembuka yang baik akan memberikan dampak :
1. percaya diri
2. menularkan kesan positif
3. Menangkap perhatian audience dan membuat mereka tertarik.
Saat mulai berbicara, anda harus fokus pada menciptakan kesan pertama yang positif. Kesan positif mampu membuka pikiran, telinga dan hati audience.

Pembicara sering dibantu oleh MC untuk naik ke panggung. MC mengenalkan sedikit tentang siapa yang akan hadir dan berbicara. Diperlukan perencanaan yang baik mengenai cara orang lain memperkenalkan diri anda kepada audience. Misalnya saat intro mengenalkan topik secara sekilas, kemudia disambung dengan menyebutkan nama lengkap anda, prestasi atau profesi anda saat ini.
Intro memang sederhana, tetapi mampu membangun harapan dan kepercayaan audience terhadap pembicara. Anda dapat berdiskusi dengan MC  untuk membuat intro yang powerful. SUpaya efeknya lebih terasa, manfaatkan instrument atau musik yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

PANGGILAN PANGGUNG
Setelah MC memanggil, saatnya untuk memenuhi "Panggilan Panggung". Langkahkan kaki dengan mantap saat berjalan ke podium, lakukan tos atau jabat tangannya dengan memanggil namanya, kemudian mengucapkan terima kasih. Anda juga dapat mengajak audience untuk bertepuk tangan untuk MC.
Jika anda tampil dalam acara formal, berikan salam apreasi dengan menundukan kepala atau meyatukan kedua tangan didepan leher. Berikan juga apresiasi untuk pimpinan, ketua atau orang-orang yang dihormati dalam ruangan tersebut. Stay cool, buatlah sedikit gerakan, berikan senyum terbaik anda, scaning seluruh audience dengan tatapan mata. Diam beberapa saat sampai audience mengondisikan bahwa mereka siap-siap mendengarkan anda.

POWERFUL OPENING
Untuk megawali pembicaraan, tangkaplah perhatian audience terlebih dahulu. Tidak ketinggalan, pertahankan perhatian mereka kepada anda. Powerful opening dibutuhkan untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan audience kepada anda. Jika sudah terbangun, rapport anda sudah mulai klik. 
Membangun kredibilitas dan kepercayaan audience sangat penting. Perhatikan penggambaran di bawah ini. Rangkaian kalimat tersebut dapat menjadi gambaran pemikiran audience saat pertama kali melihat anda.


"Siapa Anda?"
"Kenapa saya harus mendengarkan anda berbicara?"
(Audience Capture)
*****

Menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan langkah awal membangun kredibilitas dan kepercayaan audience. Anda dapat sharing mengenai diri anda. Tidak peduli soapa anda yang berbicara, yang terpenting manfaat yang anda sedang bagikan.

CONTOH POWERFUL OPENING
Start with positif Word
Anda bisa menggunakan kata-kata positif saat memulai presentasi. Misalnya "
"Selama beberapa waktu kedepan, kita akan menghabiskan waktu bersama, menikmati pagi dengan belajar sesuatu pemikiran yang luar biasa yang akan mengubah hidup anda".

Libatkan Audience
Melibatkan audience akan membuat suasana menjadi nyaman. Ingat, mungkin saja audience tidak mengenal satu sama lain. Setelah melipatkan opening yang melibatkan mereka, otomatis audience akan saling mengenal dan membuat suasana menjadi cair. Jika audience merasa nyaman, perhatian mereka akan terpusat pada anda.

Membuka Dengan Hasil Penelitian
Anda juga dapat mengawali presentasi dengan menyampaikan hasil penelitian. Effectnya juga tidak kalah powerful.

Start With Hope (Harapan)
Anda juga dapat membuka presentasi dengan memberikan harapan bagi audience. Misalnya :
"Setelah selesai mengikuti acara ini, Anda semua tanpa kecuali sudah menguasi teknik mendulang dolar melalui internet. Beberapa waktu kedepan rekening anda akan semakin bertambah, bahkan milyaran rupiah. Are you ready?"

Dimulai dengan provokatif
Mulailah dengan pernyataan yang cukup kuat, misalnya: "menurut Brian Tracy, 5 juta milyader yang berada di Amerika Serikat menjadi kaya karena usaha mereka sendiri. Itu berarti mereka memulai kehidupan mereka dari nol, mereka bekerja keras sehingga akhirnya mencapai puncak kesuksesan."
Setelah itu ajukan pertanyaan yang memprovokasi. Perhatikan : "Seperti halnya orang-orang yang memulai usahanya dari nol, Apakah anda siap membangun kerajaan bisnis sesuai dengan passion anda?"

Awali dengan Pujian
Pujian dapat disesuaikan dengan profesi, perusahaan, organisasi, atau keterampilan audience. Contoh:
"Banyak orang yang ingin sukses dalam hidupnya namun hanya sekedar ingin saja. Hanya beberapa persen saja yang memilki keinginan dan mau bertindak. Dan anda semua yang hadir di sini termasuk beberapa persen tersebut. Anda benar-benar take action. Luar Biasa."

Diawali dengan Kutipan
Kutipan dari seseorang yang berpengaruh memberi dampak yang powerful bagi audience. Contoh :
"Albert einstein pernah berkata " There are only two ways to live your life. One is as thought nothing is a miracle. The other is as though every thing is a miracle." hati ini, kita akan membahas tentang the miracle of you"

Berikan Instruksi
Contoh instruksi:
Tanyakan kepada orang sebelah kanan dan sebelah kiri anda apa tujuan mereka datang dicara ini! 1, 2, 3 Go!!!
"Anda memiliki energi tepuk tangan dari level 0%-100% lakukan tepuk tangan dengan energi sesuai instruksi tepuka tangan 10%.....20%..........30%.......40%........100%
Tujuannya untuk memberikan gambaran pada alam bawah sadar untuk "on" 100% terhadap pembicara. Intinya adalah mereka melakukan apa yang anda tugaskan.

Start with question
Pertanyaan-pertanyaan yang dapat anda gunakan :

  • Memberi pertanyaan yang mengundang respon tertentu
  • Memberikan pertanyaan yang mendorong mereka untuk berpikir
  • Membuat pertanyaan yang menjawab rasa ingin tahu.
Memulai dengan Statistik
Contohnya :
"Jumlah telepon selular di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 250jt ponsel. Sedangkan jumlah penduduk indonesia mencapai 228 juta. Jadi perbandingan jumlah penduduk dengan pengguna handphone mencapai 105, 28 persen. Coba banyangkan anda menggit pasar 10% saja untuk marketing. WOW banget. Pada hari yang sangat indah ini kita akan membahas ponsel for powerful selling."

Mohon Ijin
Audience merupakan kumpulan manusia yang memiliki pendapat yang berbeda-beda. Ada audience yang open dan ada pula yang resisten, supaya lebih nyaman, anda dapat memohon ijin untuk berbicara dan berbagi terlebih dahulu.

The Original "YOU"
Salah satu hal yang penting dalam powerful opening adalah lakukan saja sesuai gaya alamiah anda. Setiap orang memiliki gayanya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, temukan cara berbicara yang cocok dengan anda, dan kembangkanlah!

Membuat powerful opening
  • Tangkap perhatian audience
  • Buat mereka merasa nyaman, senang dan tertarik
  • Buat mereka merasa tertantang dan penasaran
  • Bangun kredibilitas dan kepercayaan audience
  • Pikirkan hubungan audience terhadapa topik, bukan anda
Semoga bermanfaat!!

No comments:

Post a Comment