CERITA INSPIRASI TENTANG KESETIAAN, PERSAHABATAN, DOA DAN GODAAN MENJADI EGOIS - Rumah Belajar

Thursday, October 26, 2017

CERITA INSPIRASI TENTANG KESETIAAN, PERSAHABATAN, DOA DAN GODAAN MENJADI EGOIS

Pada suatu hari.......... Sebuah kapal sedang berlayar hancur berkeping-keping diterjang badai di tengah laut. Hanya dua orang penumpangnya yang berhasil menyelamatkan dirinya dan terdampar di sebuah pulau kecil yang gersang. Dua pria yang selamat itu kemudian menjadi teman baik. Karena tidak tahu harus berbuat apa lagi, mereka sepakat untuk berdoa kepada Tuhan. Dan untuk memudahkan mereka tahu efektivitas doa mereka,mereka sepakat untuk membagi pulau kecil itu menjadi dua wilayah. Masing-masing tinggal di sisi yang berlawanan dari pulau itu.
Hal pertama yang mereka mohon dalam doa adalah makanan. Keesokan paginya, pria pertama menemukan sebatang pohon buah di sisi pulau. Dia bisa memetik dan makan buahnya. Sedangkan di sisi pulau satunya tidak ada hal yang berubah, tetap tampak gersang.

Setelah seminggu, pria itu merasa kesepian, maka ia berdoa memohon seorang istri. Keesokan harinya, ada sebuah kapal lain hancur dan satu-satunya penumpang yang selamat terdampar disisi pualau itu adalah seorang perempuan. Sementara itu di sisi pulau satunya, keadaan tetap sama seperti hari-hari sebelumnya. Selanjutnya pria pertama itu berdoa untuk memohon rumah, pakian dan lebih banyak makanan. Keesokan harinya, bagaikan sulap, semua permohonannya terkabul. Sementara itu keadaan temannya maupun alam disisi pulau satunya itu keliatan tetap sama.

Hingga pada suatu hari, pria pertama itu berdoa untuk memohon sebuah kapal supaya dia dan istrinya meninggalkan pulau itu. Keesokan harinya, ia menemukan sebuah kapal berlabuh di sana. Pria pertama tersebut menaiki kapal bersama istrinya, tanpa membawa temannya yang tinggal di sisi pulau satunya. Saat kapal hendak pergi, tiba-tiba terdengar suara dari langit yang menggelegar dan mengejutkan, "Mengapa engkau meninggalkan temanmu di pulau ini?" Setelah pulih dari keterkejutannya, pria pertama ini menjawab, "Saya tidak tahu di mana teman saya saat ini," katanya. "Jangan-jangan dia juga tidak berdoa supaya keluar dari pulau ini."

"Engkau salah besar!" jawab Suara dari langit membentaknya. "Temanmu itu hanya mempunyai satu dia yang telah aku jawab. Jika bukan karena doanya, engkau tidak akan menerima berkat-berkat yang telah Kukirimkan kepadamu."
"Bolehkah saya tahu, " tanya pria pertama, "Apa yang ia doakan sehingga aku berhutang padanya?"
"Dia memohon agar semua permintaanmu Kukabulkan!"
Pulau itu tiba-tiba terasa sunyi. Hanya terdengar suara ombak yang menerpa batu karang.............

Teman, seharusnya bisa menjadi seseorang yang menyenangkan agar persahabatan tetap baik walau kadang tak jarang pula bertengkar. Tapi ketika ternyata teman atau sahabat kita egoisnya setinggi langit pastinya kita juga akan kesal sendiri. Sebenarnya bisa saja kita pun berlaku sama seperti apa yang dia lakukan, tapi tidak, karena Anda adalah sahabatnya, maka yang harus Anda lakukan adalah membuatnya mengerti bahwa menjadi individu yang egois itu adalah sikap yang salah.

Lalu bagaimana, cara tepat menyampaikan nasihat itu agar Anda tidak sebaliknya dipandang sombong ? Berikut tipsnya untuk kamu.Teman atau bukan ?
1. Sabar - wajib kalau mau bertahan
2. Menjadi cermin baginya
3. Dengarkan apa yang dia mau
4. Jangan takut mengatakan "KAMU EGOIS"
5. Jika dia marah sebaiknya kita DIAM
6. Katakan perasaan/ unek-unek mu
7. Berikan kritik dan saran
8. Berikan skak matt

"Menjalin persahabatan mungkin memang tidak mudah karena kita harus bisa mengerti dan menerima sifat-sifat lain yang jauh berbeda dengan pribadi kita, namun persahabatan yang baik pasti bisa dibangun dan bertumbuh dengan mengurangi kadar ego masing-masing individu, saling mengerti satu sama lain dan pastinya kita harus tetap saling mengasihi bagaimanapun adanya sahabat kita."

Semoga cerita diatas bisa menginspirasi dan bermanfaat !


No comments:

Post a Comment